Unregistered Member
sign up
 Login

Username or Email

Password

Forget Password?

Free Register

 Main Page
 Announcement
 Discussion
 Article
 Photo Album
 Market Place
 Sharing List
 Stateboard
 Member List
 Like
 Applications
 Sign-Up

Article

 DilaDellila • 20 years ago • 2,538 viewed


Assalamualaikum... ... hari ni pula, aku nak kongsi dengan korang semua mengenai VIRUS!!!
Jumlah virus komputer saat ini mencapai 58.000 virus dan populasi itu akan terus bertambah dengan pertumbuhan rata-rata 200 virus setiap bulan. Edwin Pranoto, general manager Pengembangan Bisnis PT IndoInternet, mengatakan berdasarkan data perusahaan penyedia antivirus McAfee kini beredar sekitar 58.000 jenis virus. "Jumlah ini terus bertambah rata-rata sebanyak 200 jenis baru setiap bulan termasuk varian virus seperti worm, trojan horse, sircam, maupun time bomb," ujarnya kemarin. Edwin mengatakan worm, trojan horse dan time bomb tidak menyebar seperti virus namun dapat berfungsi sebagai pembawa virus komputer.

Menurut dia, tidak semua virus memiliki tingkat bahaya yang tinggi. "Ada juga virus aspal atau asli tapi palsu yang tidak menimbulkan bahaya apa-apa." Penyebaran virus, kata Edwin, dapat terjadi melalui download program dari Internet, tukar-menukar file dalam disket, pengiriman e-mail, maupun saat menggandakan program komputer bajakan. "Namun penyebaran melalui surat elektronik atau e-mail merupakan yang paling tinggi, sebab sekitar 70% virus menyebar melalui cara ini," tambahnya. Menurut Edwin, kecepatan penyebaran virus komputer dipengaruhi oleh kepadatan komputer, interkoneksi antarkomputer, jumlah lokasi penempatan komputer serta kecepatan operasi virus itu sendiri.

"Jika kepadatan tinggi artinya satu PC digunakan secara bersama oleh banyak orang, maka risiko terkena virusnya juga meningkat proporsional dengan perbandingan antara jumlah PC dengan jumlah pengguna," ujarnya. Sedangkan interkoneksi yang mempengaruhi penyebaran virus, kata Edwin, bukan hanya interkoneksi melalui Internet namun juga interkoneksi pertukaran file melalui disket. Habiskan waktu Edwin mengungkapkan penggunaan aplikasi antivirus yang diinstalasi pada PC kini merupakan cara popular mengatasi virus karena memberikan perlindungan yang relatif sempurna. Namun, lanjut dia, tingkat perlindungan anti virus pada PC sangat tergantung pada seberapa rajin seorang pengguna melakukan scanning virus.

Selain itu, kata dia, cara ini membutuhkan biaya mahal, membutuhkan orang yang benar-benar mengerti virus, dan menghabiskan banyak waktu penggunaan komputer. "Kalau komputer sudah terkena virus yang berbahaya, pengguna biasanya tidak bisa lagi bekerja, tidak bisa membuka e-mail dan habis waktunya untuk membersihkan virus. Jadi, kerugiannya banyak sekali," tambahnya. Cara perlindungan virus yang lain, kata Edwin, berupa pemfilteran virus yang disediakan oleh penyelenggara jasa Internet atau Internet service provider.

Sistem ini, kata dia, memiliki kelemahan yaitu tidak mampu memberikan perlindungan sebaik anti virus yang diinstalasi pada PC. Namun, lanjut dia, sistem ini melindungi seluruh e-mail dari virus, relatif ekonomis, menghemat waktu, dan tidak membutuhkan sumber daya khusus untuk mengelola setiap PC. (bisnis indonesia)
sumber : http://www.ristek.go.id/berita/news/news_105.htm
HARDCORE S.A

Virtual Friends - Copyright © 2001-2022 Webber Dot My Solutions (002351632-A). All rights reserved